Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Inspirasi Hidup | Suara Kecil Itu Memanggil Dia Itu Disiplin

Suara Kecil Itu Memanggil Dia Itu Disiplin

Inspirasi hidup kali ini terinspirasi dari salah satu foto yang sahabat saya jadikan story whatsapnya, dan kata-kata dalam foto itulah yang memberikan dorongan kepada diri saya sampai hari ini terus mau berjuang untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin. 

Mungkin Anda penasaran apa kata dalam foto itu, tulisannya adalah yang menjadi inspirasi saya menulis artikel yang Anda baca saat ini.

Yaitu sebuah tulisan yang mendefinisikan apa itu disiplin, dan mari bersama dari kata itu kita belajar bahwa setiap kita dalam diri kita selalu ada tuntutan untuk disiplin. Artikel ini tidak akan dapat menjadikan diri Anda disiplin, dan tidak ada tips untuk dapat disiplin.

Namun artikel ini akan memberikan kepada Anda informasi atau definisi apa itu disiplin dan bagimana definisi itu saya harap mengubah pola pikir Anda. 

1. Disiplin Ada Dalam Diri Setiap Kita

Teringat kata-kata teman wanita saya, ketika kami mengobrol tentang merubah cara hidup. Teman saya ini menyatakan pandangannya tentang setiap orang pada umumnya. Sebenarnya semua orang mau berubah, tetapi hal itu sangatlah sulit.

Saya rasa apa yang teman saya itu katakan ada benarnya, namun meskipun setiap kita ingin berubah dalam hal ini disiplin. Hal itu bukanlah perkara yang mudah. Dalam diri kita ada semacam pohon beringin yang memiliki akar yang kuat dan telah sangat dalam tertanam.

Jika ingin pohon itu tumbang sampai ke akar-akarnya, maka tahan disekelilingnya haruslah digali dan hal ini akan memakan waktu yang lama sudah dapat dipastikan sangat melelahkan juga. Setiap hari menggali pohon tersebut agar ia dapat dicabut dan tidak bisa tumbuh lagi.

Begitu juga dengan ketidakdisiplinan kita, hal itu sudah berakar dalam diri dan bukan hal yang mudah untuk bisa dengan tiba-tiba dapat disiplin. Perlunya ada rasa sakit yang teramat sangat untuk mendapatkan yang namanya disiplin

Dalam inspirasi ini, saya inging mengingatkan kita bahwa akan selalu ada suara kecil dalam diri, ia samar-samar. Selalu mengajakmu untuk bangkit dan melakukan sesuatu yang berguna dan itulah disiplin.

2. Disiplin Sangat Jelas Berbicara Kepada Kita

Ketika saya menulis artikel, saya begitu sering tergoda untuk membuka hp, dan saat saya mulai melakukan apa yang menggoda saya. Dan dengan santainya mengabaikan artikel yang sedang saya tulis dan bermain hp, akan selalu ada suara dari dalam diri saya. 

“Ayo kembali kelaptopmu dan lanjutkan artikel yang belum selesai itu,” sauara dalam diri saya sangatlah jelas, mengajak saya untuk melakukan suatu yang berguna bagi masa depan saya dan orang lain yang membaca artikel dari saya.

Saya sangat yakin setiap kita mengalami hal yang sama, inilah diri kita, kedalaman hati kita tidak menginginkan jika kita menjadi orang yang tidak berguna. Kita akan selalu ingin, menjadi baik, ramah, sopan, bahkan pandai, dan disiplin. Namun kita gagal, kita tidak berhasil.

Maka siapkan diri kita untuk sebuah kesakitan, karena harus digali setiap hari. Kita harus siap adanya lubang-lobang kesalahan dalam diri untuk menjadikan diri kita disiplin. Lubang-lubang yang menyakitkan itu untuk mencabut akar ketisakdisiplinan.

Disiplin Yang Bagaimana?

Kita masuk pada poin terakhir dan hal ini sangatlah penting kita renungkan bersama, dan sebenarnya artikel ini berkaitan erat dengan artikel-artikel saya sebelumnya, yaitu produktif waktu senggang dan bagiamana dapat produktif? 

Kedua topik artikel diatas jika dalam diri kita tidak ada disiplin yang kuat dan baik, maka hal-hal produktif yang dapat kita lakukan hanya panas-panas saja, setelah itu tidak lagi dilakukan. Maka setiap hal produktif yang kita lakukan haruslah disiplin dan konsisten.

Dan sekali lagi hal-hal ini sangat membutuhkan inspirasi-inspirasi, maka sangat penting bagi kita untuk terus belajar dan membaca buku. 

Disiplin dalam artikel ini, adalah segala hal yang dapat kita lakukan hal kecil sekalipun namun itu berguna bagi diri kita dan lingkungan. Misalnya bangun pagi, merapikan tempat tidur, menyikat gigi pagi hari sebelum beraktifitas.

Membaca buku, menulis, dan melakukan kereatifitas yang lainnya. Beristirahat jika sudah waktunya untuk istirahat. Inilah disiplin dan hal ini kita lakukan terus menerus. 

Intinya jangan bermalas-malas. Saya akui saya adalah salah satu manusia yang malas, namun ada satu titik atau momen yang membuat saya terus mendisiplinkan diri untuk melakukan hal-hal baik yang memberikan kepuasan bagi diri, dan tidak menjadikan diri saya membosankan.

Sekian dulu artikel inspirasi kali ini, saya harap Anda yang membaca arikel ini mendapatkan hal baru untuk hidup disiplin. Selamat menikmati hari dan tetap semangat.

Disiplin adalah ketika kamu merasa malas dan merasa tidak ada alasan spesifik tertentu untukmu bangun dari kasur di pagi hari untuk bekerja dan belajar, namun kemudian ada suara kecil dari dalam hatimu yang berkata, “bangun dan lakukan tanggung jawabmu” suara itu adalah kedisiplinan. Inilah kata-katanya sahabat.


Posting Komentar untuk " Inspirasi Hidup | Suara Kecil Itu Memanggil Dia Itu Disiplin"