Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Inspirasi | Hidup Produktif Pada Waktu Senggang

Hidup Produktif Pada Waktu Senggang

Rasanya sangat senang dapat kembali kepada gaya kehidupan saya, dimana dalam kebingungan ingin menulis apa? Dan sangat takut tidak ada yang mau membaca tulisan saya. Sampai akhirnya pada artikel pertama saya ini saya ucapkan selamat datang di blog yang akan memberikan kepada para pembaca inspirasi kehidupan dan terus mendorong agar selalu hidup produktif.

Kita langsung saja masuk pada pembahasan artikel kali ini, yaitu menjadi lebih produktif pada waktu senggang. Waktu senggang adalah waktu yang dinantikan hampir semua orang. Waktu dimana kita dapat bersantai terbebas dari segala tanggung jawab dunia. Bahasa lainnya hari senggang adalah libur.

Jadi pada saat libur apa yang akan dilakukan, apakah berbaring sampai selesai liburnya? Rasa senang dalam diri karena merasa seolah-olah masa senggang adalah waktu terbaik untuk bersantai, dapat dikatakan menikmati hiduplah. Yang akan menjadi fokus kita apakah cara Anda menikmari waktu senggan Anda produktif atau tidak, berguna atau tidak.

Berguna yang saya maksud adalah produktif, artinya waktu-waktu yang terus berputar dan melewati hari ini apakah ada sesuatu yang berguna yang Anda hasilkan adakah pikiran Anda tenang, adakah waktu senggang Anda tidak membosankan. 

Salah satu alasan mengapa kehidupan Anda membosankan adalah karena kehidupan Anda yang tidak produktif. Dan saya pernah terjebak dalam zona ini, dimana saya terus membela diri dan dibalik pembelaan saya itu, ada rasa tidak berguna dalam diri.

Berikut hal-hal yang dapat Anda lakukan dimasa senggang, tentunya tidak akan membosankan dan jauh lebih berguna.

1. Olahraga

Mengapa saya menuliskan olehraga paling awal, karena kita mengawali hari pasti dipagi hari. Hanya orang malas yang mengawali hari di siang hari dan sore hari. Kecuali pekerja malam mereka bisa saja mengawali hari pada sore hari. 

Namun ini waktu senggang, setelah lelah dengan segala pelerjaan, saya tidak menyarankan Anda untuk tidur satu hari full, tidak baik untuk kesehatan. 

Pakailah waktu pagi Anda untuk menghirup udara pagi, sembari melangkahkan kaki, larilah atau berjalan. Berolahraga pagi mempunyai berbagai manfaat. Dapat meningkatkan hormon kebahagiaan, dapat meningkatkan konsentrasi saat bekerja. Pokonya ada ribuan manfaat dari berolahraga.

2. Masak Bisa Juga Baca Buku

Masak dalam artikel say aini dalam konteks belajar masak, saya suka masak tetapi karena saya masih diperantauan saya jadi jarang belajar masak. Ada banyak hal dalam dunia masak-memasak yang harus kita pelajari.

Jadi gunakanlah waktu senggang dengan baik, jika Anda belajar masak setiap hasil dari apa yang dimasak, misal masak kue, dan makanan lainnya. Anda dapat menjualnya sebagai penghasilan tambahan. Buatlah rencana, pikirkanlah! Apa yang akan Anda lakukan selama waktu senggan Anda. Salam produktif, 

Berikutnya membaca, poin ini yang menjadi gaya saya saat ini pada waktu senggang, dulu saya pernah berpikir apa sih manfaat dari membaca, bukankah itu kebiasaan yang membosankan dan melelahkan. Tetapi setelah saya sadar dan menekuni kebiasaan membaca buku-buku berkualitas, buku-buku yang memberikan kepada saya wawasan luas dimana semua itu tidak saya dapatkan waktu sekolah dulu. Membaca sangatlah menyegarkan otak saya. 

Hal apa yang saya sadari sampai-sampai saya mulai membaca buku, yaitu sadar bahwa hampir semua orang sukses dunia, yang mempunyai kehidupan mempengaruhi dunia dan mereka terkenal, adalah manusia-manusia pencinta buku. Itulah yang saya sadari.

Jadi jika Anda tidak masal, maka bacalah buku datanglah ketoko buku dan belilah buku yang akan mempengaruhi pola pikir Anda.

3. Membereskan rumah, menyikat kamar mandi salah satunya

Hal kecil dan sering disepelekan, sebagai pekerjaan orang rendahan. Tetapi saya memasukan hal ini dalam salah satu kegiatan produktif, karena sangatlah penting untuk membersihkan rumah, menata kembali barang-barang yang perlu ditata.

Bagian kamar mandi adalah bagian yang tidak kalah penting untuk dibersihkan, sangat disayangkan jika kamar mandi Anda tidak pernah dibersihkan. Dan saya paling anti dengan kamar mandi yang tidak dibersihkan. Maka sangatlah penting demi kenyamanan diri Anda bahkan kesehatan. Jadi bersihkanlah! Bahkan kamar mandi seharusnya dibersihkan setiap hari akan jauh lebih baik.

Kehidupan yang produktif dan tidak berdiam saja, akan sangat berpenagruh baik untuk diri kita, sebenarnya diri kita hanya membutuhkan sedikit istirahat atau cukup istirahat. Makanan yang sehat bagi tubuh, buah-buahan, susu, sayuran pokonya yang alami-alami. 

Maka tubuh kita akan lebih kuat, dan mampu melakukan banyak hal. Dan itu semua berguna, meskipun tidak ada sorak-sorai dari orang lain.

Percayalah kepuasan dalam diri dan berbangga diri yang wajar, ketika Anda melukakun hal produktif pada masa senggan. Itulah yang akan memberikan kepuasan dan menjadikan Anda selalu menghargai waktu dan terus mempunyai kebiasan yang baik untuk melanjutkan kehidupan yang selalu belajar pada waktu senggang.

Sekian dulu artikel kali ini, selamat menikmati hari dan nantikan artikel-artikel lain yang akan selalu mengajak Anda lebih produktif.