Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Menulis Cerpen yang digemari semua orang


Tips Menulis Cerpen yang digemari semua orang, dan bermanfaat


Menulis adalalah salah satu kegiatan yang banyak mendatangkan manfaat. Khususnya bagi siapa saja yang memang menggemari kegiatan menulis. Ada banyak sekali jenis tulisan yang bisa dijadikan pilihan. Mulai dari novel, article, puisi, pantun, kata kata puitis, cerita pendek atau cerpen dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun, untuk menjadi penulis yang handal dibutuhkan tips dan trik supaya tulisan Anda digemari banyak orang.

Setiap karya tulis memiliki tips yang berbeda. Misalnya dalam penulisan novel dan cerpen tentu memiliki perbedaan yang mencolok bukan? Hal ini bisa dilihat dari cara penulisannya yang juga sudah berbeda. Dalam article ini kita akan mencoba menyediakatips terbaik untuk Anda para penulis cerpen supaya bisa berlatih dan menghasilkan hasil karya tulisan yang bagus. Untuk informasinya yuk kita bahas satu persatu di bawah ini.


1. Temukan motivasi untuk menulis

Motivasi dalam hal ini adalah salah satu aspek yang paling penting dan harus Anda miliki sebagai seorang penulis. Untuk itu cobalah tanyakan kepada diri Anda sendiri, apa motivasi saya menulis? Untuk apa? Jawaban atas pertanyaan tersebut pasti beragam berdasarkan diri Anda masingmasing. Namun, perlu diingat tidak ada motivasi yang buruk bahkan motivasi untuk memperoleh horor dan menjadi terkenal bisa dijadikan sebagai motivasi.


2. Memilih tema yang sesuai dengan diri

Tidak semua orang bisa menguasai berbagai macam hal sekligus. Termasuk dalam hal menulis dengan banyak tema. Mungkin ada, tapi hanya sedikit yang mampu. Oleh sebab itu, coba gali potensi Anda dengan memilih tema yang sesuai dengan diri Anda sendiri. Misalnya, untuk para pemula bisa memilih dari tema yang mudah untuk dibuat terlebih dahulu.


3. Menentukan jumlah, sifat, nama dan peran tokoh

Nah, berbeda dengan jenia karya tulisan lain, cerpen hanya bisa berfokus pada setidaknya tiga orang saja. Apabila pemilihan tokoh terlalu banyak tentu bukan hanya pembaca yang akan bingung, Anda pun sebagai penulis akan bingung selama prosea penulisan. Anda bisa memulainya dengan menentukan nama tokoh terlebih dahulu, lalu sifat dan peran masingmasing tokoh.


4. Membuat alur cerita jelas

Salah satu faktor penting dalam penulisan adalah alur cerita di dalam cerpen yang harus dibuat jelas. Bagi para penulis pemula sebaiknya membuat alur cerita yang jelas terlebih dahulu sebelum melangkah pada tahap selanjutnya yakni menulis. Tuliskan pokok pokok peristiwa yang akan diangkat dalam cerpen sehingga Anda akan lebih mudah menyusunnya dengan urutan yang jelas.

Uraian diatas adalah informasi singkat namun sudah cukup jelas memberitahu Anda kumpulan tips atau caranya membuat tulisan berupa cerita pendek yang bagus dan akan diminati banyak orang untuk dibaca. Salah satu kunci keberhasilan dalam hal ini adalah tekun dan terus berlatih. Jangan lupa munculka  ide ide kreatif sebagai penulis. Meskipun masih pemula, jika menerapkan hal ini, Anda bisa sukses. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Tips Menulis Cerpen yang digemari semua orang"