Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

INSPIRASI MAKNAI HIDUP 2, hidup adalah latihan bukan kehebatan

 

Hidup Adalah Latihan Bukan Kehebatan

Kekuatan Akan Didapatkan Ketika Rasa Sakit Itu Menghampiri Dan Kita Tetap Menikmatinya

Pada pembahasan maknai hidup 1, saya menjabarkan hidup adalah proses. Maka kali ini kita akan membahas hidup adalah latihan. Dan mari kita sadari hal ini dalam kehidupan kita bahkan tidak ada kehebatan tanpa latihan, tidak ada latihan yang tidak menghasilkan kehebatan.

Dalam pembahasan kali ini saya akan membawa kita bukan pada latihan yang hanya sampai di kita bisa lalu berhenti. Latihan disini adalah suatu hal yang harus kita lakukan seumur hidup, untuk mencapai kepuasan hidup.

Tidak ada binaraga yang selama satu tahun berhenti latihan angkat beban, saat sudah menjuarai berbagai perlombaan, meskipun ia sudah menjadi juara, hal itu bukan tujuannya bukan kehidupannya. Kehidupannya adalah di tempat gym berlatih, berlatih, dan berlatih. Tidak ada petani yang maju tanpa belajar. Ia akan selalu berlatih untuk mengenal setiap kekurangan dan kelebihan dari tanaman maupun tanah tempat ia menanam. 

Maka latihan sangatlah penting. Tanpa latihan, maka kehidupan kita akan terhenti pada suatu ruangan yang sama, tanpa ada kemajuan untuk kehidupan yang bermakna. Latihan juga merupakan kehidupan disiplin, dilakukan terus menerus mengulangi hal yang sama melatih lagi dan lagi. 

Lalu mencari hal baru, lalu melatih lagi hal baru itu. Inilah kehidupan, tidak ada yang hebat diantara kita yang ada adalah orang-orang yang berani melangkah lebih jauh untuk mengambil keputusan. Melatih diri untuk sesuatu yang baru, bukan untuk hebat tetapi untuk menjalani kehidupan yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Berhenti berlatih adalah Tindakan membunuh diri sendiri sebelum masuk ke liang lahat. Kita tetap bernapas dan hidup. Tapi apakah kita melakukan sesuatu, hanya orang mati yang tidak melakukan apa-apa. Lalu Anda yang masih hidup mau berhenti, oke baiklah. Anda sedang memutuskan untuk sama dengan orang yang sudah puluhan tahun terbaring. Ya Anda mengerti maksud saya.

Jadi kehidupan ini adalah latihan. Sampai hari inipun saya terus melatih diri saya, untuk kehidupan yang lebih bermakna. Kehidupan yang bukan hidup untuk diri sendiri tetapi kehidupan yang hidup melayani orang lain, kehidupan yang mampu menciptakan suasana lebih baik ketika pribadi saya hadir di suatu tempat. Hidup dalam suatu makna sejati 1.

Oke semoga Anda yang membaca tulisan ini segera berimajinasi untuk memikirkan. Apakah kehidupan Anda sekarang Anda nikamati untuk terus belajar, belajar, dan berlatih. Atau Anda hanya fokus pada hasil yang itu merupakan bonus dan bukan kehidupan sejati. Selamat menikmati hari ini, hati yang gembira adalah obat, semangat yang patah mengeringkan tulang.