Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Inspirasi Kehidupan | Apakah membaca itu penting?

Apakah membaca itu penting?

Seringkali kita medengar kata-kata seperti ini, “membaca adalah jendela ilmu.” Atau penjelasan-penjelasan umum tentang membaca seperti. Membaca akan membuatmu lebih banyak pengetahuan, akan membuatmu lebih pintar dan motivasi-motivasi lainnya yang memberitahukan menfaat membaca.

Oke pertanyaan dari judul tulisan saya ini, akan saya jawab diakhir. Jadi mari lanjut membaca ya. Luangkan waktu Anda. Begini mambaca akan membuatmu semakin pintar adalah hoaks nyatanya saya yang suka membaca tidak pintar. Bila definisi pintar adalah bisa mendapatkan nilai yang bagus dikelas. Nyatanya semakin saya banyak membaca nilai saya dikampus tetap naik turun dan tidak pernah lebih tinggi.

Membuatmu lebih banyak pengetahuan. Ini adalah setengah hoaks mengapa semakin Anda banyak membaca. Anda akan semakin sadar Anda adalah orang paling miskin pengetahuan. Oke tulisan saya ini akan membawa Anda lebih jauh lagi tentang membaca dan ada 2 hal alasan mengapa Anda harus membaca buku.

1. Membaca menajamkan pemikiran Anda

2. Membaca secara Alami merupakan kebutuhan manusia

Saya akan jelaskan secara singat dan menjawab apakah membaca itu penting. Oke mari kita mulai dari yang pertama. Membaca menajamkan pikiran Anda, Maksud dari menajamkan pikiran adalah tanpa disadari saat membaca, Anda sedang memberikan vitamin kepada otak Anda, membuat pikiran Anda selalu ingin mengembangkan apa yang Anda baca. Lalu Anda akan lebih bersemangat karena otak Anda aktif secara positif bepikir untuk bertindak lebih lagi sesuai dengan apa yang Anda baca. Tentunya sesuai dengan apa yang Anda baca.

Hal yang saya alami lebih keren lagi saat mengobrol dengan orang lain atau mendengarkan penjelasan Dosen saat kuliah, saya sering kali tahu alur pemikiran dosen ketika ia menjelaskan kemana arah penjelasannya. Dan saat mengobrol serius saya dapat lebih peduli dalam setiap obrolan. Ini pengalaman saya, bukan hal yang mutlak. Kita lanjutkan…..

Selanjutnya membaca adalah kebutuhan manusia, ya membaca merupakan kebutuhan mendesak manusia. Coba kita pikir dan kembali ke masa dimana kita mulai bersekolah dulu hal apa yang lebih dulu diajarkan, “membaca” ya karena hal ini merupakan kebutuhan. Saya yakin setiap orang yang bisa membaca akan selalu mencari hal untuk ia baca tidak bisa tidak. 

Pada zaman sekarang kita bisa lihat Facebook, Intagram, dll. Di sanalah tempat banyak orang selain menuangkan apa yang ia baca pastinya ia juga membaca. Tetapi sayangnya tidak semua tulisan bermanfaat dan berkualitas. 

Maka ketika kita tahu membaca itu kebutuhan, dan hal itu secara alami, akan diri kita minta untuk dipenuhi maka mari kita membaca bacaan yang berkualitas. Buku-buku, seperti buku biografi orang-orang sukses, buku sejarah, buku pengetahuan umum, buku motivasi, dan yang terpenting jangan buku yang mengajak Anda ke hal-hal negatif itu sama saja seperti Anda memasukan serbuk kaca kedalam perut Anda. Sedikit demi sedikit pasti akan berdampak buruk.

Oke apakah membaca itu penting? Ya sangat penting 'Bacaan yang bemanfaat' karena itu kebutuhan Anda jika Anda tidak memenuhi kebutuhan otak Anda sama seperti perut akan merasa lapar dan mudah terserang banyak penyakit. Begitu juga otak Anda akan mudah rapuh, hal ini akan sangat menggangu bahkan akan sangat berdampak buruk bagi kesehatan jiwa Anda.

Ya, kesehatan jiwa Anda tidak bisa dipenuhi dengan makanan. Tetapi dari apa yang Anda baca dan pelajari. Setalah dibaca lalu Anda terapakan. Bila gagal ulangi lagi, teruslah berjuang untuk kehidupan yang lebih bermakna dengan cara membaca. Terimakasih sudah membaca.

Jangan lupa menikmati hari ini, hati yang gembira adalah obat. Semangat yang patah akan mengiringkan tulangmu.