Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Cerpen menurut beberapa tokoh dan ahli

Pengertian Cerpen menurut beberapa tokoh dan ahli

Cerpen merupakan singkatan dari cerita pendek yakni suatu karya sastra yang tidak jarang banyak digemari oleh berbagai kalangan. Namun ini hanyalah pengertian secara garis besarnya saja. Apakah Anda tahu, definisi cerpen secara spesifik? Atau menurut Anda cerpen itu sendiri memiliki pengertian yang bagaimana? Biasanya setiap orang memiliki pendapat yang berbeda antara satu dengan yang lain. Seperti pendapat beberapa tokoh dan ahli tentang cerpen.

Para ahli dibidang sastra tentu memiliki pendapat yang lebih dalam terkait pengertian dari karya sastra cerita pendek atau yang lebih dikenal dengan cerpen ini. Namun, tidak jarang para ahli dibidang lain seperti tokoh terkemuka juga turut memberikan komentarnya. Untuk memahami lebih jauh terkait apa itu sastra, mari simak informasi sebagai berikut.


1. Dalam Purba H.B Jassin 

Dalam sebuah buku atau karya tulis dari tokoh Dalam Purba H.B Jassin. Mengemukakan pendapatnya tentang pengertian cerpen. Cerpen adalah cerita yang pendek. Tokoh ini lebih jauh menjelaskan bahwa tidak ada cerpen yang sedemikian panjang. Cerita yang panjangnya mencapai sepuluh atau dua puluh halaman masih bisa dikatakan sebuah cerpen. Namun, ada juga cerpen yang memiliki panjang hanya satu halaman.

2. Sumardjo dan Saini

Pengertian tentang cerpen juga turut dikemukakan Sumardjo dan Saini dalam sebuah karyanya yakni buku apresiasi kesastraan. Mereka berkomentar bahwa cerpen adalah cerita yang pendek. Namun, seseorang yang hanya melihat fisiknya saja yakni ceritanya yang pendek belum bisa mengatakan bahwa sebuah karya tersebut adalah cerpen. 

3. Priyatni

Cerita pendek adalah sebuah karya fiksi. Ini adalah pengertian menurut tokoh ternama Priyatni. Ia melanjutkan bahwa sesuai dengan namanya cerpen memperlihatkan cerita yang bersifar serba pendek. Hal ini mencangkup cerita yang diungkapkan, jumlah tokoh atau pelaku dalam cerita, isi cerita sampai dengan jumlah kata yang digunakan dalam sebuah cerita. Perbandingan ini sendiri dibandingkan dengan jenis prosa lain yaitu novel.


4. Poe dalam Burhan

Cerpen atau cerita pendek adalah cerita yang dapat dihabiskan dalam sekali duduk. Kira kira waktu untuk menyelesaikannya adalah dari mulai setengah jam sampai dengan dua jam. Hal ini merupakan satu hal yang tidak mungkin bisa dilakukan saat membaca novel yang membutuhkan waktu hingga berhari hari untuk menyelesaikannya. Pengertian ini selaras dengan cerpen yang jauh lebih ringkas dan singkat dibandingkan dengan novel.

Uraian diatas adalah informasi lengkap mengenai deretan pengertian cerpen dari pendapat para ahli dan tokoh terkenal. Mereka memahami dan mengerti bahwa cerpen bukanlah suatu karya tulis yang biasa. Cerpen memiliki peranan, fungsi dan kelebihan tersendiri yang membuatnya unik dibandingkan dengan jenis karya tulis yang lainnya. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Pengertian Cerpen menurut beberapa tokoh dan ahli"