Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mengenal Unsur Intrinsik Cerpen dan penjelasannya


Mengenal Unsur Intrinsik Cerpen

Cerpen menurut pengertiannya adalah sebuah karya tulis atau jenis karya sastra yang memberikan gambaran cerita atau kisah alur hidup tentang manusia, hewan, tumbuhan dan berbagai makhluk hidup lainnya dalam sebuah bentuk tulisan yang jelas dan ringkas. Dalam sebuah Cerpen ada beberapa unsur yang dapat membentuk cerita tersebut. Salah satunya adalah unsur intrinsik. Apa itu unsur Intrinsik?

Cerpen sebenarnya mempunyai dua unsur di dalamnya. Yang pertama adalah unsur Intrinsik dan yang kedua adalah ekstrinsik. Nah, unsur Intrinsik sendiri adalah unsur yang membangun cerpen yang berasal dari dalam cerpen itu sendiri. Untuk lebih memahaminya bayangkan sebuah bangunan, unsur intrinsiknya adalah komponen dari bangunan tersebut. Mari mengenal unsur Intrinsik yang ada dalam sebuah cerpen sebagai berikut :

1. Tema

Bagian pertama sebagai unsur intrinsik adalah Tema. Apa itu tema? Tema adalah sebagai nyawa dalam penulisan cerpen yang menggambarkan keseluruhan cerpen dari awal sampai dengan akhir. Dengan kata lain tema ini merupakan sebuah gagasan ide atau gagasan dasar yang menjadi latar belakang keseluruhan dari cerita tersebut. Ada banyak sekali jenis tema yang bisa diambil mulai dari tema percintaan, persahabatan, pendidikan, sejarah dan lain sebagainya.

2. Tokoh dan penokohan

Unsur intrinsik yang kedua adalah Tokoh dan Penokohan. Di dalam sebuah cerita tidak akan pernah luput dengan yang namanya tokoh dan penokihan. Karena bagian ini adalah wajib dan harus ada. Tokoh dan penokohan adalah dua hal yang berbeda. Jika tokoh adalah pelaku atau orang yang terlibat dalam cerita sedangkan penokohan adalah watak dari tokoh tersebut.


3. Alur atau Plot

Berikutnya adalah Alur atau Plot. Apa itu alur? Alur adalah berupa urutan jalan cerita dari awal sampai dengan akhir yang disampaikan oleh sang penulis dalam sebuah cerpen.Nah, dalam menyampaikan alur cerita tersebut ada beberapa tahapan yakni dimulai dari tahap perkenalan, tahap penanjakan, tahap klimaks, anti klimaks dan tahap penyesuaian.


4. Setting atau latar

Setting atau latar sebagai salah satu unsur intrinsik dalam cerpen yang mengacu kepada waktu, tempat dan suasana terjadinya cerita tersebut. Latar sendiri akan memberikan persepsi yang konkret terhadap sebuah cerita pendek. Untuk bisa menguasai dan mengenal unsur intrinsik ini Anda harus mengetahui jenis latar yang dipilih yaitu mencangkup pemilihan tempat, waktu dan suasana yang diciptakan di dalam cerita.

Inilah uraian selengkapnya yang membahas tentang beberapa unsur intrinsik yang ada dalam sebuah cerita pendek atau cerpen. Suatu karya bisa dibentuk dan diciptakan dengan mengetahui komponen komponen yang membangunnya. Anda mungkin sudah mempelajarinya di sekolah atau masih sedang mempelajarinya. Semoga informasi ini bermanfaat

Posting Komentar untuk "Mengenal Unsur Intrinsik Cerpen dan penjelasannya"