Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Inilah struktur cerpen yang perlu diketahui

Inilah struktur cerpen

Dalam setiap karya pasti memuat sebuah atau beberapa struktur. Misalnya sebuah karya tulis memuat struktur yang akan menciptakan atau menghasilkan sebuah hasil yang berupa karya tulis seperti cerita pendek atau cerpen, novel, puisi, sajak puisi dan masih banyak lagi. 

Nah, kali ini kita mau bahas terkait struktur yang ada dalam sebuah cerpen. Hal ini patut untuk Anda ketahui khusunya pada saat ingin menulis sebuah cerpen.

Cerpen atau cerita pendek memiliki cerita yang hanya berfokus kepada satu alur atau tokoh saja. Karena ceritanya yang pendek, cerpen biasanya langsung memiliki penyelesaian permasalahan atau konfliknya pada bagian penutup atau paragraf terakhirnya. 

Meskipun demikian tidaklah mudah membuat sebuah cerpen, sebab cerpen juga memiliki struktur sama seperti jenis karangan cerita lainnya. Sebagai berikut kita akan bahas satu persatu.

1. Abstrak

Abstrak merupakan elemen pertama yang selalu ada dalam struktur atau cerita pendek. Abstrak disebut juga sebagai gambaran awal dari jalan cerita yang nantinya akan diceritakan dalam cerpen. 

Struktur abstrak yang bagus akan membuat para pembaca saat membaca paragraf awal akan langsung tertarik dan penasaran dengan alur cerita selanjutnya. Namun, sebaliknya jika abstrak membosankan maka pembaca tidak akan berminat membaca sampai selesai.

2. Orientasi

Orientasi adalah struktur yang memiliki kaitan dengan latar waktu, tempat dan suasana yang ada dalam sebuah cerita cerpen. Dari struktur orientasi inilah yang menjadikan cerita pendek akan lebih menarik dan hidup. Tanpa adanya struktur orientasi maka sebuah cerita pendek mustahil bisa terbentuk. Oleh sebab itu struktur orientasi memang harus selalu ada dalam cerpen.

3. Komplikasi

Komplikasi adalah gambaran dari urutan kejadian yang ada dalam sebuah cerita pendek. Komplikasi berfungsi dalam menjelaskan bagaimana urutan suatu peristiwa dalam cerita bisa terjadi, bagaimana sebab dalam sebuah konflik dan apa akibat yang dihasilkannya serta apa saja pengaruhnya terhadap sang tokoh dalam cerita tersebut.

4. Evaluasi

Selanjutnya ada struktur evaluasi.  Struktur ini berada dalam tahapan cerita pendek di bagian mulainya suatu konflik sampai dengan mencapai klimaksnya. Pada tahapan ini sendiri tahap penyelesaian dalam suatu konflik sudah ada.

5. Resolusi

Resolusi memiliki fungsi untuk menjelaskan apa saja konflik dan solusi yang ada dalam sebuah cerpen. Resolusi ini juga merupakan bagian dalam tahapan penyelesaian konflik setelah mencapai klimaks atau puncaknya di dalam cerita pendek tersebut.

Uraian diatas adalah informasi lengkap yang telah membahas beberapa struktur dasar dalam sebuah cerpen yang perlu untuk Anda ketahui dan pelajari. 

Khusunya bagi para pemula dan yang masih awam dalam menerapkannya perlu mendapatkan informasinya secara saksama. Masingmasing struktur memiliki fungsi dan peranan masingmasing. Semoga bermanfaat.