Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Fungsi Sastra Dalam Cerpen Wajib Diketahui Penulis

Fungsi Sastra Dalam Cerpen

Cerpen merupakan suatu karya sastra yang dari dulu sampai sekarang banyak diminati. Bukan hanya sebagai hiburan semata, sebuah cerpen mempunyai fungsi sastra yang wajib diketahui oleh sang penulisnya. 

Tanpa adanya fungsi tersebut sebuah cerita belum bisa dikatakan menjadi sebuah cerpen. Sebab cerpen yang baik dan benar akan memberikan fungsi tersendiri kepada setiap pembacanya 

Seseorang yang sudah ahli dalam menulis cerpen atau mungkin hanya sekedar suka membaca cerpen pasti setidaknya merasakan manfaatnya. 

Untuk mendapatkan manfaat sepenuhnya dari membaca cerita pendek, mari kita kenali beberapa fungsi dari cerpen untuk Anda. Secara lebih spesifik kita akan membahas beberapa fungsi cerpen di dalam sastra. Silahkan simak dengan saksama.

1. Fungsi Moralitas

Apa yang dimaksud dengan fungsi moralitas? Maksudnya sebuah cerpen mempunyai fungsi dalam memberikan pesan moral yang baik kepada para pembacanya. Sehingga dalam menulis cerpen, sang penulis harus memikirkan moral apa yang ingin disampaikan. Para pembaca juga diharapkan mampu mengetahui moral yang baik dan buruk bagi dirinya sendiri saat membaca sebuah cerpen.

2. Fungsi Rekreatif

Sastra secara umum memiliki peranan sebagai sumber hiburan. Seperti halnya cerpen. Dengan demikian diharapkan para pembaca cerpen akan mendapatkan kegembiraan, senang dan memperoleh hiburan yang mereka butuhkan. Dengan membaca juga diharapkan para pembaca bisa beristirahat sejenak dari kesedihan, permasalahan atau konflik yang mungkin terjadi di dalam kehidupan.

3. Fungsi Religiusitas

Cerita pendek juga bisa memberikan  pengetahuan dan wawasan terkait ajaran agama  sehingga oleh para pembacanya bisa dijadikan sebagai contoh dan teladan. Ada berbagai ajaran umum yang mungkin tersirat. Dengan membacanya ini bisa menanamkan nilai-nilai agama yang secara tidak sadar kita pelajari melalui sebuah cerpen.

4. Fungsi Didaktif

Sastra dalam cerpen atau cerita pendek adalah suatu pendidikan. Ada pengetahuan dan wawasan baru yang mungkin sebelumnya para pembaca tidak mengetahuinya, tapi setelah membaca cerpen menjadi tahu. Dengan demikian cerita pendek bisa dijadikan sebagai pengarah atau media pendidikan yang terdapat nilai kebaikan dan kebenaran di dalamnya tersebut.

5. Fungsi Estetis

Estetis memiliki nama lain keindahan. Fungsi cerpen dalam sastra yang dimaksud ini adalah bahwa cerpen memiliki unsur keindahan yang perlu Anda katahui. 

Para penulis cerpennya pun dituntut untuk memberikan nilai keindahan bagi setiap karyanya. 

Inilah informasi selengkapnya yang membahas tentang fungsi sastra dari dalam cerpen. Sebagai seorang penulis, sudah sewajarnya untuk mengetahui informasi dasar seperti ini. 

Padahal ini hanyalah sedikit informasi terkait, masih banyak hal lain lagi yang perlu diketahui dan dipelajari. 

Terutama untuk Anda yang masih awam atau pemula dalam memahami segala sesuatu tentang cerpen. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Fungsi Sastra Dalam Cerpen Wajib Diketahui Penulis"