Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Tema Cerpen yang paling banyak diminati

Contoh Tema Cerpen 

Tema adalah gambaran singkat tentang suatu hal. Tema digunakan dalam banyak hal mulai dari tema untuk film, novel, puisi, pantun, cerpen atau cerita pendek dan lain sebagainya. Misalnya dalam sebuah cerpen tema menjadi dasar cerita yang akan menggugah minat sang pembaca. 

Baik di Indonesia maupun di luar negeri berbagai tema cerpen yang paling banyak diminati didominasi oleh beberapa genre. Apakah Anda tahu, apa saja itu?

Bagian terpenting yang membuat tema menjadi menarik adalah karena fungsinya dalam memberikan gambaran singkat terkait cerita pendek yang akan dibaca. Sehingga para pembaca akan mudah dalam hal memilih cerpen sesuai dengan minat mereka masing-masing. 

Dengan tema juga dipastikan alur cerita tidak keluar dari ide atau gagasan yang akan diungkapkan. Sebagai berikut adalah beberapa pilihan tema yang paling banyak dicari.

1.      Romantis

Tema keromantisan menjadi tema yang paling banyak diburu dan disukai oleh banyak orang. Misalnya ada banyak keromantisan yang bisa diusung dalam cerpen. Mulai dari kisah percintaan disekolah, persahabatan yang berubah jadi cinta, penggemar rahasia dan masih banyak lagi. Dengan memuat kata-kata puitis nan romantis menjadi suatu bahan cerpen yang bagus untuk ditulis.

2.      Aksi petualangan

Berpetualang dan melakukan aksi di dunia luar menjadi ide gagasan tema yang cocok sekali bagi para pembaca sekarang ini. Khususnya petualangan dengan cerita menegangkan yang menempatkan seseorang dalam bahaya. Dalam hal ini yang ditonjolkan adalah keberanian. Aksi petualangan dengan ketegangan yang meningkat disetiap paragraf akan banyak menarik perhatian. Klimaks yang melegakan di akhir cerpen juga akan memberikan kelegaan.

3.      Fantasy

Fantasy menampilkan imajinasi yang bisa membuat siapa saja membayangkan suatu cerita yang mustahil didunia nyata sebenarnya ada. Fantasy ini lebih berkaitan pada alam semesta yang banyak mengandung mitos khususnya di negara kita Indonesia. Cerpen fantasy yang sudah banyak dibuat adalah seperti tentang kerajaan dan masih banyak lagi yang lainnya.

4.      Horor

Tema yang banyak diminati dan umumnya banyak diperbicangkan adalah Horor. Sebagaimana yang kita tahu sudah banyak sekali kisah horor yang dituangkan dalam bentuk. 

Cerpen dengan peminat yang tidak sedikit. Mulai dari kisah menakutkan dan menegangkan, mitos mitos yang berkembang dalam suatu daerah atau asal usul suatu tempat atau suatu benda.

Demikianlah uraian selengkapnya yang membahas terkait beberapa referensi pilihan tema penulisan cerpen yang paling banyak digemari dan disukai oleh banyak orang. 

Khususnya Anda yang suka dan berminat dalam menulis cerpen karya sendiri dan ingin tulisan Anda dibaca oleh banyak orang,  Anda bisa memilih tema terbaik yang paling populer. Semoga berhasil.