Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ciri-ciri Cerpen beserta penjelasan lengkap


Ciri-ciri Cerpen

RaditiaCerpen.com_Cerpen adalah singkatan populer dari kepanjangan Cerita Pendek. Anda tentu sudah pernah mendengarnya sewaktu belajar disekolah, membaca sebuah website cerita, membaca buku cerita pendek dan lain sebagainya. 

Cerpen banyak digemari oleh sebagian besar orang. Ada yang memiliki hobi membaca cerpen dan yang lain lagi lebih suka membuat cerpen. Untuk Anda yang belum mengenal cerpen, bagaimana ciri cirinya yang bisa kita kenali.

Jika sudah mengetahui seputar pengertian, ciri ciri, struktur dan fungsinya tentu akan lebih mudah dalam mengenal seperti apa itu cerpen. Khususnya bagi Anda yang berminat untuk menulis cerpen. Sekedar tahu saja tidak cukup, Anda perlu mengenal lebih dalam terkait cara pembuatan cerpen dimulai dari bagian ciri-ciri yang menyertainya. Sebagai berikut kita akan membahas informasinya di bawah ini. Mari simak!

1. Jalan cerita pendek maks 10.000 kata

Sesuai dengan namanya yakni cerita pendek atau cerpen cirinya yang paling kuat dan bisa dikenali adalah ceritanya yang singkat. Berbeda dengan novel yang bisa dibukukan, karena begitu pendek mungkin satu buku bisa memuat beberapa atau banyak cerpen sekaligus. 

Umumnya untuk panjang cerpen dalam sebuah buku hanya 3 sampai 10 halaman saja. Memang tidak ada aturan yang pasti, namun rata-rata cerpen tidak sampai melebihi 10.000 kata.

2. Bersifat fiktif

Sifat cerpen cenderung Fiktif karena merupakan karangan dari sang penulis. Bisa berupa sebuah pengalaman, buah pemikiran, imajinasi dan lain sebagainya. 

Namun, secara garis besar ceritanya adalah tidak terjadi atau bukan berdasarkan pada kehidupan nyata. Dengan kata lain sifatnya yang fiktif.

3. Memiliki 1 alur cerita
Dalam sebuah cerpen, Anda akan menemui hanya ada satu alur cerita saja. Ini merupakan ciri khas dari cerpen. Karena ceritanya yang pendek memungkinkan 1 alur cerita saja yang dipilih. Tidak terdapat slot atau alur cerita lainnya pada sebuah cerpen tersebut. Satu alur cerpen tersebut akan berupa 1 masalah dalam proses cerita dan diakhir adalah tahap penyelesaiannya.

4. Penokohan cerita sangat sederhana

Salah satu hal yang membedakan cerpen dengan novel adalah dilihat dari penokohan ceritanya. Dimana untuk cerpen sendiri akan lebih sederhana tidak mendalam seperti novel dan jauh lebih singkat. Novel sendiri memiliki karakteristik penokohan yang dijelaskan dengan detail pada masing-masing tokohnya.
Uraian diatas adalah informasi lengkap yang memberitahu Anda tentang bagaimana kita bisa mengenal sebuah cerpen dari ciri-cirinya. 

Dengan demikian Anda sudah mengetahui perbedaan antara cerpen dengan novel atau bentuk karya sastra cerita yang lainnya. Ada banyak kelebihan dan keunggulan dari membaca cerpen karena memiliki karakteristik yang berbeda dengan yang lainnya. Semoga bermanfaat.

SELAMAT MENIKMATI HARI

Posting Komentar untuk "Ciri-ciri Cerpen beserta penjelasan lengkap"